Waktu terus berjalan dari tahun ke tahun
hingga kita berjumpa di tahun 2018 ini. Dan salah satu topik yang makin
didiskusikan oleh masyarakat ialah berbisnis dan menjadi pengusaha,
dari yang muda hingga yang tua sama-sama berenergi untuk bersama-sama
membuka usaha bisnis.
Walaupun banyak pula yang takut gagal
dan langsung berhadapan dengan rintangan ketika baru membuka usaha
bisnis, maka satu kata yang harus kita ingat ialah “Jangan Pantang
Menyerah!”.
Karena sejatinya untuk menjadi seorang
pengusaha Anda memang perlu untuk menyiapkan strategi dan memperkuat
mental dalam menghadapi segala resiko dan rintangan yang ada.
Membangun usaha sendiri memang tidaklah
mudah, tetapi bukan berarti hal yang mustahil untuk dilakukan. Siapa
saja bisa menjadi orang yang sukses dalam berbisnis, asalkan kerja
keras, dan cerdas dalam mengeksekusi strategi!
Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa
sobat terapkan dalam membuka usaha di tahun 2018 ini. Terutama bagi Anda
yang baru memulai bisnis dari awal,
Tips Buka Usaha Baru di Tahun 2018
1. Mengurus Izin Usaha
Apabila Anda memang merencakan agar bisnis dapat Go Nasional bahkan Internasional, terpercaya dan profesional. Maka mengurus izin usaha adalah salah satu tips yang harus digenapkan. Seperti perizinan usaha, dokumen pajak, dan dokumen legal lainnya.
Manfaat lain jika Anda memiliki izin usaha ialah dapat dijadikan sebagai sarana perlindungan hukum, memudahkan dalam mengembangkan usaha, dan gampang untuk mengajak bekerja-sama dengan instansi pemerintah.
2. Merencanakan Strategi yang Matang
Tips lain jika sobat ingin membangun
sebuah usaha adalah dengan merencanakannya terlebih dahulu strategi
macam apa yang akan dieksekusi untuk usaha bisnis Anda tersebut.
Tentukan market bisnis dan kenali calon konsumen Anda.
Termasuk cek bagaimana dukungan dana
finansial Anda untuk membangun usaha bisnis. Apakah usaha bisnis yang
sobat rencanakan bisa dibangun dengan modal sendiri atau butuh tambahan
modal dari pinjaman.
3. Membangun Brand Awareness
Hal yang paling penting dalam membangun
bisnis adalah membangun awareness bisnis dimata konsumen. Mengapa sangat
penting? Karena Brand Awareness tidak hanya mengundang calon konsumen
untuk membeli produk/jasa Anda tetapi juga membuat mereka untuk
terus-menerus menjadi pelanggan setia sobat.
Dengan Brand Awareness, bisnis Anda akan
lebih jauh dikenali sehingga dapat membangun kepercayaan konsumen.
Apabila sudah banyak khalayak umum mengenal bisnis Anda, maka bukan hal
yang mustahil lagi jika malah konsumen yang mendatangi bisnis Anda.
Bagi perusahaan besar, Brand Awareness
juga menjadi tolak ukur kinerja sebuah Brand Bisnis. Mulai agar mudah
melebarkan sayap bisnis hingga mendatangkan dana investasi yang besar.
Bahkan apabila terjadi penurunan Brand Awareness, segala strategi
marketing akan dilakukan hanya untuk menaikkan level Brand Awareness
kembali.
Brand Awareness juga poin bertambahnya
nilai produk, jasa, atau sebuah perusahaan. Sehingga sangat disarankan
bagi Anda untuk jauh-jauh hari merencanakan bagaimana cara meningkatkan
Brand Awareness Anda.
Tahu Starbuck? Apa bedanya minuman
Starbuck dengan minuman lainnya? Padahal bisa saja sama-sama enak atau
bahkan ada yang lebih enak dari Starbuck, tapi mengapa harga Starbuck
lebih mahal dan banyak penikmatnya daripada minuman lainnya? Jawaban
singkatnya adalah Brand Awareness.
4. Pantang Menyerah dan Harus Terus Berkembang
Ketika Anda merintis sebuah usaha,
jangan pernah melihat rumput tetangga. Artinya jangan melihat kisah
sukses mereka, karena malah Anda akan tergoda untuk mencoba bisnis
mereka dan malah meninggalkan bisnis Anda.
Yang benarnya dengarlah kisah mereka
dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis mereka. Lalu amati, riset,
tiru, dan modifikasi cara mereka untuk diaplikasikan dalam bisnis Anda.
Sama halnya jika Anda sedang dalam badai
(usaha bisnis jalan ditempat dan gak maju-maju) maka caranya adalah
Anda harus bertahan dari badai, bukannya keluar dan menantang badai,
bisa-bisa terlempar terbawa angin.
Baru jika badai telah selesai (usaha
bisnis telah lancar) dan melihat pelangi yang indah (pendapatan yang
mengalir terus) maka itulah tanda bahwa Anda harus melangkah maju
(mengembangkan usaha atau berinvestasi di bidang lain yang potensial).
5. Selalu Beradaptasi
Jaman sekarang semakin berubah, bahkan
berubah sangat cepat. Teknologi berkembang pesat, dan mau tidak mau Anda
harus terus beradaptasi untuk selalu berkolaborasi dengan teknologi.
Jangan sampai jalan ditempat dan gak mau sama sekali berinovasi untuk
mengembangkan bisnis dengan Sumber Daya yang ada.
Anda harus terus-menerus mencoba dan
mencoba hal-hal baru untuk mengembangkan bisnis dan selalu siap akan
perubahan. Jangan terpaku pada ide lama, karena ide ada masanya akan
kedaularsa. Apalagi di jaman digital ini.
6. Hindari Kesalahan Fatal Saat Membuka Usaha
Nah, dalam membangun usaha bisnis baru,
pasti kita akan terus mendapati trial dan error sebelum menuju
kesuksesan bisnis. Dan belajar dari pengalaman kegagalan, kita bisa
menjadi lebih baik lagi. Tapi bukan dari kegagalan kita saja, kita pun
bisa belajar dari kegagalan wirausaha secara umum dalam membangun usaha
baru.
Baca juga: 10 Penyebab Kegagalan Usaha Baru
Kesalahan Umum dalam Membuka Usaha Baru
1. Tidak Memahami Seluk-Beluk dan Problematikanya
Salah satu kesalahan paling umum ialah
terkadang banyak orang yang ingin membuka usaha, karena tergiur dengan
kesuksesan orang lain sehingga langsung membuka usaha tanpa strategi dan
tanpa memahami seluk-beluk dan problematika seperti apa yang akan
dihadapi.
Seharusnya sebelum membuka dan membangun
usaha bisnis, selain merencanakan strategi bisnis Anda harus terlebih
dahulu tahu bagaimana keadaan bidang usaha yang akan Anda geluti. Selalu
ikuti seminar bisnis, workshop, membaca buku, dan artikel-artikel yang
bermanfaat lainnya di Internet.
2. Tidak Sigap Dalam Mengambil Peluang
Hal yang paling menyayangkan dan sering
pula dilakukan oleh wirausaha pada umumnya adalah tidak sigap dalam
mengambil peluang, entah karena takut gagal atau terlalu banyak berpikir
hingga tak ada action sama sekali dalam mengeksekusi peluang yang ada.
Padahal dalam mengembangkan bisnis,
bukan hanya kerja keras yang kita lakukan, tetapi dengan memanfaatkan
momentum itu juga sangat penting dalam melebarkan sayap bisnis.
3. Tidak Peka Terhadap Konsumen
Bisa saja sobat memiliki startegi
pemasaran yang hebat tapi itu gak akan berhasil jika kita tidak
mengikut-sertakan keinginan konsumen di dalam strategi pemasaran kita.
Konsumen adalah kunci keberhasilan bisnis, makanya banyak pakar marketer
yang bilang bahwa konsumen adalah raja.
Jika Anda mampu menaklukan hati raja
maka seluruh negeri adalah kepunyaanmu, begitu pula jika mampu
menaklukan hati konsumen maka kesempatan menguasai pasar semakin besar,
apalagi bila dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
4. Tidak Mengembangkan Jaringan Bisnis
Jaringan dalam dunia bisnis adalah
fondasi, karena dengan jaringan bisnis yang luas, bisnis mampu untuk
bertahan dan berdiri tegak. Dan semakin luas jaringan yang dimiliki,
kesempatan dalam menumbuhkan bisnis pun semakin mudah.
5. Meremehkan Marketing
Hal yang paling fatal dan jangan sampai
sobat lakukan adalah meremehkan marketing. Padahal tiap waktu dan tiap
tahun, strategi pemasaran kian berkembang dan makin banyak jenisnya.
Ditambah lagi pemasaran adalah ujung tombak bisnis Anda.
Apalagi dikolaborasikan dengan
teknologi, marketing sekarang muncul dengan gaya dan jangkauan yang
lebih luas yaitu Digital Marketing. Dengan Digital Marketing, Anda dapat
mempromosikan produk/jasa bisnis di khalayak jutaan bahkan milyaran
orang hanya dengan sentuhan jari, Bayangkan!